Friday, May 2, 2014

Agar tidak bersifat sombong dan angkuh

Agar tidak bersifat sombong dan angkuh



Agar tidak bersifat sombong dan angkuh 
Sifat sombong dan angkuh merupakan sifat orang-orang yang mewarisi prilaku iblis, iblis di usir dari surga karena ia memiliki sifat sombong dan angkuh, enggan menuruti perintah Allah. Menurut Imam Al- Ghazali supaya kita tidak bersifat sombong dan angkuh serta tidak mengikuti langkah-langkah iblis tersebut, sebagai berikut:

1.       Jika bertemu dengan anak-anak, anggaplah anak-anak tersebut lebih mulia dari pada kita, karena anak-anak ini belum banyak melakukan dosa dari pada kita.

2.       Apabila bertemu dengan orang tua, anggaplah dia lebih mulia dari pada kita karena dia sudah lama beribadat.

3.       Jika bertemu dengan orang alim, anggaplah dia lebih mulia daripada kita karena banyak ilmu yang telah mereka pelajari dan ketahui.

4.       Apabila melihat orang jahil (kurang pengetahuan/bodoh), anggaplah mereka lebih mulia daripada kita karena mereka membuat dosa dalam kejahilan, sedangkan kita membuat dosa dalam keadaan mengetahui.

5.       Jika melihat orang jahat, jangan anggap kita lebih mulia karena mungkin satu hari nanti dia akan sadar/insaf dan bertaubat atas kesalahannya.

6.       Apabila bertemu dengan orang kafir, katakan didalam hati bahwa mungkin pada suatu hari nanti mereka akan diberi hidayah oleh Allah dan akan memeluk Islam, maka segala dosa mereka akan diampuni oleh Allah.