Friday, January 16, 2015

Keutamaan Ilmu 7 Macam

7 Macam Keutamaan Ilmu

7 Macam Keutamaan Ilmu
7 Macam Keutamaan Ilmu

Ilmu merupakan salah satu bentuk yang di miliki oleh manusia dengan makhluk-makhluk tuhan yang lainnya, dengan ilmu manusia bisa berjalan di jalan yang lurus selagi ilmu tersebut di bimbing dan diarahkan oleh agama, dan allah akan menganggkat derajat bagi orang-orang yang berilmu, ada 7 macam keutamaan ilmu, yaitu sebagai berikut:

1) Tidak ada sesuatu ibadah kepada Allah yang lebih utama dari pada memahami ilmu agama. Seorang ahli fakih adalah lebih sukar syaitan menipunya dari pada seribu 'abid ahli ibadah. Tiap-tiap sesuatu itu ada tiangnya dan tiang agama yaitu memahami ilmu agama.

2) Di antara seorang "alim & abid" sama seperti kelebihanku dari orang yang paling rendah dari sahabatku. -Riwayat At-Turmizi-

3) Kelebihan orang yang berilmu ke atas 'abid sama seperti kelebihan bulan malam purnama dari bintang-bintang yang lain. -Riwayat Abu Daud, At-Turmizi dll-.

4) Sepatah kata dari perkataan yang baik yang dikeluarkan lalu didengar oleh seorang mukmin, kemudian diajarkannya serta diamalkannya, maka lebih baik dari pada ibadah setahun.

5) Sesungguhnya Allah, para-para malaikat, seisi langit dan bumi, termasuk semut di dlm lubang dan ikan dalam laut, semuanya berdoa mendoakan kepada orang-orang yang mengajar manusia. -Riwayat At-Turmizi-

6) Orang yang binasa di kalangan umatku adalah orang berilmu yang zalim dan "abid yang jahil". Kejahatan yang paling jahat yaitu kejahatan "ulama' dan kebaikan yang paling baik yaitu kebaikan "ulama'.

7) Barangsiapa menuntut ilmu untuk mendapat keredhaan Allah, namun digunakannya untuk mendapat keuntungan di dunia, maka dia tidak akan mencium bau syurga pada hari qiamat. -Riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah-