Wednesday, September 30, 2015

Cara Mejinakkan Petir

Cara Mejinakkan Petir

Cara Mejinakkan Petir
Cara Mejinakkan Petir
Ketika langit medung, dan awan tebal seta berwara gelap merupaka pertada aka turun hujan. Biasanya disertai pula dengan suara petir yang meggelegar, terkadang pula petir ini mendatangkan petaka bagi manusia, mengingat ancaman dari petir ini, manusia sejak lama berpikir keras bagai mana caranya menjinakan petir.


Hasil memutar otak itu akhirnya mausia berhasil meciptakan sesuatu alat yang kita kenal sekarang denga sebuah penangkal petir. Biasanya alat yang berujung runcing ini dipasang dibubungan rumah atau pucncak dari bangunan-bangunan yang tinggi. Sesuai namanya alat ini berguna untuk melindung gedung atau peralatan lain yang ada dibawahnya dari sambaran petir yang bersifat merusak.

Biasanya penangkal petir terdiri atas beberapa elektrode yang salig dihubungkan dengan kawat tembaga dan disalurkan kedalam tanah. Nah, berkat alat ini maka sebelum petir menyambar muatan listrik tegangan tinggi akan tertarik keujung elektrode dan masuk kedalam tanah, namun jika suatu kali awan didekat penangkal petir justru bermuatan positif, maka elektron-elektron dalam tanah akan bergerak keatas dan keluar dari ujung pangkal petir ini meuju keawan itu.

Kalu begitu istilah penangkal petir sebenarnya kurang tepat ? sebab fungsi alat ini sebenarnya bukan mencegah melainkan menyalurkan aliran elektron sehingga aliran itu tidak merusak bangunan.