Wednesday, September 30, 2015

Adab Mengucapkan Salam

Adab Mengucapkan Salam

Adab Mengucapkan Salam
Adab Mengucapkan Salam
Dari abdullah bi Amru bin al-‘Ash ra. Bahwasanya ada seorang laki-laki yang bertanya kepada Nabi Saw: “Bagaimana Islam yang paling baik itu?”Beliaupun menjawab:”Engkau memberi makna dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal atau yang tidak engkau kenal.” (Muttafaqun ‘alaihi).


Dari Abi Hurairah ra. Rasulullah saw bersabda:”Ketika menciptakan Adam Allah mengatakan, “Pergi dan ucapkanlah kepada mereka-para malaikat yang duduk-serta dengarkanlah pada pengormatan (salam) meeka yang diberikan kepadamu karena sesungguhnya ia adalah penghormatanmu dan anak cucumu. “Lalu dia mengatakan, ‘Assalamu’alaikum, ’Mereka menjawab, ‘Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu. ‘Mereka mengubahnya dengan, ‘Warahmatullahi.’ (Muttafaqun ‘alaihi). Dalam hadist lain: “Sesungguhnya sebaik-baik manusia menurut Allah adalah orang yang mulai mengucapkan salam.” (HR. Abu Dawud)

Dalam hukum Islam, mengucapkan salam adalah yang paling utama ketika kita bertemu dengan saudara kita. Maka Rasul sangat membenci jika ada dua orang muslim bertemu tapi mereka tidak saling menyapa atau memberi salam. Seakan-akan kedua orang itu tidak saling mengenal atau musuh bebuyutan. Maka, mengucapkan salam adalah lebih baik dan lebih sopan daripada kita tidak menghiraukan siapa yang berjalan disamping kita atau dihadapan kita.