Wednesday, September 30, 2015

Kedudukan Akhlaq Islam

Kedudukan Akhlaq Islam

Kedudukan Akhlaq Islam
Dalam Al-Qur’an terdapat seribu lima ratus empat (1504) ayat yang berhubungan dengan akhlak baik dari segi teoritas maupun dari segi praktis. Jadi kadar ini merupakan hampir seperempat dari jumlah ayat-ayat Al-Qur’an. Hadits-Hadits Nabi juga banyak berbicara masalah akhlaq yang diriwayatkan  oleh Rasulullah SAW adalah:


Artinya:“Akhlaq itu adalah wadah agama”

Dalam kesempatan lain Rasulullah juga bersabda:

Artinya: “Orang-orang Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaqnya dan yang paling baik diantara kamu ialah  yang paling baik terhadap istrinya”

Prof.Dr.Omar Mohammad Al-Syaibany dalam bukunya, Falsafatut Tarbiyyah Al-Islamiayah menyebutkan bahwa akhlak itu termasuk diantara makna yang terpenting dalam hjidup ini. Tingkatannya  berada sesudah kepercayaan kepada Allah, Malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, Rasul-RasulNya, hari kiamat dan qadla dan qodarNya. Akhlak juga terletek sesudah ibadah kepede Allah, mentaatiNya, ikhlas kepadaNya dan menyerahkan diri kepadaNyta.

Kalaulah demikian, berarti iman kepada Allah dan beribadah kepadaNya berkaitan erat dengan hubungan antara hamba dan TuhanNya, maka akhlak berkaitan erat dengan hubungan sesama manusia baik secara peroranganataupun kelampaok. Jadi akhlak Islam adalah salah satu hasil dari iman dan ibadah atau dalam pengertian lain iman dan ibadah seseorang tidak akan sempurna kecuali jika timbul dari situ akhlak yang mulia dan mu’amalah yang baik terhadap Allah dan makhlukNya.


Diantara tanda-tanda iman yang paling tampak terletak pada akhlak yang mulia dan diantara tanda-tanda nifak terbesar adalah akhlak tercela.Dengan adanya akhlak ini terciptalah kemanusiaan manusia dan perbedaannya dengan hewan.