Thursday, October 8, 2015

Kesadaran Diri

Kesadaran Diri

Kesadaran Diri
Kesadaran Diri

Manusia diciptakan oleh Allah adalah untuk menyembah kepadaNya. "Dan tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembahku. Dalam ayat lain Allah menjelaskan bahwa diciptakannya manusia adalah ntuk mengetahui siapa yang lebih baik amalnya. "Liyabluwakum ayyukum ahsanu 'amala."

Sebagai manusia hendaklahnya kita mampu memahami ayat diatas dengan lebih mengutamakan kesadaran diri akan tugas dan amanah yang kita emban dalam hidup didunia ini. bagai mana bisa kita hidup bahagia di dunia dan akhirat  nantik jika kita sama sekali tidak sadar untuk apa kita diciptakan di dunia ini.

Memang, Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di bumi ini dan untuk menjadi wakil Allah di bumi. Dengan demi kian, manusia adalah makhluk Allah yang paling baik di alam ini. Itulah hakekat manusia, tapi jika amal dan akhlak manusia tidak baik, maka derajat manusia adalah sama dengan binatang yang sama sekali tidak mengerti akan pentingnya kehidupan ini.

Manusia yang tetap menjadi manusia yang terbaik adalah apabila ia sadar untuk apa ia diciptakan. Kesadaran itu di ikuti dengan aplikasi dalam kehidupan ini. Jika manusia mampu menyadari hal itu, ia akan meraih kebahagiaan dalam dua dimensi yaitu dunia dan akhirat.

Pentingnya kesadaran diri kita seperti yang digambarkan di atas sering disebut kecerdasan spritual yang sangat penting dalam kehidupan.